Skip to main content
Home × × Artikel Blog

Cara Dekorasi Rumah Dengan Desain Interior Eklektik Yang Unik


Cara Dekorasi Rumah Dengan Desain Interior Eklektik Yang Unik - Bosan dengan konsep interior rumah yang hanya berpatokan dengan satu tema saja? Ingin tampil beda dengan menggabungkan beberapa tema dalam satu konsep desain, tapi takut terlihat aneh?. Tenang saja, desain rumahmu bisa tetap tampil menarik dan unik dengan satu konsep yang disebut Eklektik. Desain yang satu ini merupakan salah satu konsep desain interior yang menggabungkan beberapa tema desain dalam satu konsep.
Desain Interior Eklektik disebut dengan eklektisme merupakan gaya desain arsitektur yang mulai ada sejak pada abad ke-19 dan 20. Gaya desain ini menggabungkan beberapa unsur gaya yang memiliki history dari masa sebelumnya untuk menciptakan sebuah gaya arsitektur yang baru. Dalam desain arsitektur ini mencangkup struktur bangunan, ornamen sejarah, furnitur, motif dekorasi, motif budaya tradisional atau gaya lainnya yang dipadu padankan menjadi satu menjadi lebih menarik.
Kisah munculnya desain eklektik ini bermula ketika Eropa dan Amerika Serikat mengalami revolusi industri yang cukuo besar. Hal ini menyebabkan munculnya banyak material baru arsitektur seperti besi tempa, baja, besi cor, dan kaca. Kemudian banyak arsitek yang mencari
Para arsitek ini memadukan antara gaya arsitektur masa lalu dengan gaya modern sebagai wujud dari kebebasan bereksperi. Sehingga terciptalah desain interior eklektik. Desain ekeletik ini sendiri bukanlah nostalgia, melainakan peciptaan yang merupakan perpaduan antara gaya masa lalu dan gaya modern.
Metode penggabungan gaya eklektik ini meliputi aspek ide/gagasan dan teori dalam membuat aristektur serta konsep menarik. Selain itu gaya dari desain yang diterapkan dimulai dari bentuk konstruksi bangunan, fungsi serta sisi konseptualnya. Untuk mendapatkan desain interior eklektik yang menarik, berikut cara-cara dekorasinya yang perlu diperhatikan.

Focal point 

Untuk mendapatkan gaya eklektik, diperlukan focal point pada suatu ruangan dnegan menonjolkan sesuatu seperti aksen dinding yang mencolok atau yang lainnya.

Furnitur dari segi estetika dan fungsional

Gunakan furniture bergaya vintage dengan pola kayu yang jelas, ornamen bungan, besi, ataupun kain bordir. Selain itu bisa juga menggunakan furniture anyaman ataupun berbahan dasra kulit.
Selain sebagai keindahan, furnitur juga diperlukan dalam segi fungsional. Hal ini agar tetap berkesan praktis. Karena gaya eklektik merupakan gaya yang praktis dan efisien.

Konsisten

Dalam mengkonsep interior rumah, diperlukan kekonsistenan. Jika terlalu bnayak perubahan, tentunya konsep tersebut akan terlihat kacau dan tidak menarik.

Warna

Pilih salah stau warna sebagai pemersatu yang mengindektikkan dirimu. Hal ini juga berpengaruh dengan kenyamanan saat rumah dihuni.

Dekorasi

Penekanan dalam dekorasi sebuah ruangan merupakan salah stau aturan dalam gaya desain eklektik. Biasanya meliputi furnitur kayu seperti kursi dengan kaki yang melengkung, tirai yang besar, sprei dengan motif cantik, bantal pada sofa, dekoras lainnya dengan aksen pita atau renda.

Pola geometris

Salah stau karaktersitik dari gaya ekelektik yaitu walpaper ruangan dengan pola geometris seperti zigzag, garis vertikal, garis horizontal dan lingkaran.

Lantai dan atap

Dalam hal ini untuk gaya eklektik, menggunakan lantai kayu solid atau ubin, parket, dan laminate. Kemudian dipadukan dnegan karpet khas bermotif floral. Sedangkan untuk atap sendiri, dekorasinya bisa melalui pencahayaan lampu yang digunakan seperti lampu kristal maupun lampu bergaya klasik.

Dinding

Untuk mendekorasi dinding sesuai dengan konsep desain interior eklektik, hiaslah dinding interior rumahmu dengan menggunakan walpaper, tirai, atau dengan stiker dinding yang dekoratif. Bisa juga ditambahi dengan lukisan dinding yang sederhana. Warna populer yang sering dipilih mulai dari putih, abu-abu, coklat atau merah bata sebagai penambah kontras.

Aksesoris

Aspek yang sering diremehkan dalam mengkonsep ruangan yakni aksesoris. Meski sebagai pelengkap, ada baiknya dilakukan sebaik mungkin dan tertata. Bisa dengan lukisan dinding, foro keluarga, vas bunga, dan yang lainnya.
Desain interior eklektik ini merupakan desain yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki rumah di daerah perkotaan. Desain ini juga cocok bila ukuran rumahmu mungil.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->