Skip to main content
Home × × Artikel Blog

Rumah Aman dari Konsleting Listrik dengan Tips Instalasi Listrik pada Rangka Baja Ringan

Rumah Aman dari Konsleting Listrik dengan Tips Instalasi Listrik pada Rangka Baja Ringan – Membangun rumah yang kuat tentu menjadi salah satu hal yang diidamkan banyak orang. Ada yang rela menabung selama bertahun-tahun agar bisa membangun rumah dengan bahan yang kuat, namun ada juga yang membangun rumah dengan bahan seadanya namun segera merenovasi rumah setelah dana mencukupi. Memiliki rumah yang kokoh akan memberikan ketenangan bagi keluarga yang menempati rumah tersebut.



Seiring dengan perkembangan teknologi, ternyata produk interior dan bahan bangunan pun mengalami inovasi-inovasi menakjubkan satunya adalah dengan diluncurkannya produk rangka baja ringan. Baja ringan ini biasanya digunakan sebagai pengganti kayu pada atap bangunan. Ada banyak alasan mengapa baja ringan menjadi salah satu alternatif rangka atap terbaik, salah satunya adalah daya tahan baja yang lebih lama dari rangka kayu biasa.

Pada dasarnya, konstruksi menggunakan baja ringan memiliki tingkat keamanan yang sama dengan konstruksi menggunakan rangka kayu. Namun tentu Anda harus tetap berhati-hati saat menggunakan rangka dengan bahan apapun termasuk baja ringan. Belakangan konstruksi baja ringan cukup diwaspadai oleh masyarakat karena dinilai mampu mengalirkan listrik cukup cepat sehingga berbahaya bagi penggunanya. Namun sebenarnya jika rangka baja ringan ini dipasang dengan benar dan instalasi listrik yang dipasang sempurna, maka risiko konsleting listrik bisa diperkecil.

Agar instalasi listrik pada atap baja ringan aman bagi penghuni rumah, pemasangan listrik ini hanya boleh dilakukan oleh ahlinya bukan oleh sembarang orang. Ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan selama pemasangan listrik dan penggunaan atap baja ringan. Tips berikut ini bisa Anda lakukan agar rumah Anda aman dari konsleting listrik pada atap baja ringan.

Tidak Menempelkan Instalasi Pada Rangka

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari konsleting listrik pada rangka baja ringan adalah dengan tidak menempelkan instalasi listrik seperti kabel pada rangka atap baja ringan. Anda bisa menempelkan kabel pada dinding agar kabel tidak bersentuhan langsung dengan rangka baja. Jika tidak ada sarana lain selain rangka baja, sebaiknya Anda menggantung kabel instalasi listrik tersebut.

Membungkus Kabel Dengan Pipa Conduit

Pipa conduit merupakan salah satu bahan bangunan yang tepat untuk melindungi kabel. Dengan membungkus kabel listrik menggunakan pipa conduit akan membuat kabel bisa bertahan lebih lama serta melindungi kabel dari goresan yang memungkinkan isi tembaga kabel keluar. Jika isi tembaga kabel keluar dari kabel, maka hal ini bisa menjadi awal terjadinya kebocoran instalasi listrik atau yang sering disebut konsleting listrik.

Menggunakan Material Instalasi Berkualitas Tinggi

Tips lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghindari konsleting listrik pada rangka baja ringan adalah dengan menggunakan material atau bahan berkualitas tinggi. Meski harus mengeluarkan biaya lebih mahal, namun tentu material dengan kualitas yang lebih tinggi akan memberikan hasil yang lebih baik. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kabel yang memiliki lapisan tertentu untuk menghindari goresan serta stop kontak yang tidak mudah terbakar.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari konsleting jika Anda menggunakan atap baja ringan untuk konstruksi rumah Anda. Baja ringan memang dikenal sebagai salah satu bahan bangunan yang bersifat konduktor atau menghantarkan listrik. Hal ini harus menjadi perhatian khusus karena jika listrik tidak dipasang dengan benar justru akan membahayakan keselamatan Anda dan keluarga.

Ada baiknya Anda mempertimbangkan matang-matang sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan rangka baja ringan pada konstruksi rumah Anda. Mengutamakan keselamatan keluarga daripada biaya yang harus dikeluarkan akan membawa Anda pada kebahagiaan keluarga yang diimpikan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->