Skip to main content

5 Kiat Memasarkan Iklan Rumah Secara Online yang Efektif

5 Kiat Memasarkan Iklan Rumah Secara Online yang Efektif - Saat ini jual beli atau bisnis properti semakin diminati oleh masyarakat. Jual beli rumah dikatakan sebuah bisnis yang menjanjikan apalagi ada beberapa cara agar setiap orang bisa berbisnis jual beli rumah dan hanya tinggal melakukan pemasaran.

Selain pemasaran dengan cara offline atau konvensional, ada juga cara pemasaran melalui online yang dirasa lebih efektif dan lebih cepat. Namun tentunya memasarkan iklan rumah secara online dibutuhkan budget dan stretegi serta teknik yang harus diterapkan agar iklan rumah dapat efektif dan mendatangkan calon pembeli yang berminat.

Di zaman digital yang saat ini semakin maju, aktivitas jual beli termasuk membuat iklan rumah secara online semakin mudah untuk dilakukan. Nah, karena semakin mudah, maka anda pun dapat memasarkan iklan rumah secara online dengan efektif.

Akan tetapi, dalam memasarkan rumah secara online memang memerlukan konten yang keren agar menarik calon pembeli. Lalu, Bagaimana kiat membuat iklan rumah secara online yang bagus dan menarik? Artikel ini akan membahas secara singkat apa itu iklan rumah online dan kiat membuat iklan rumah secara online. Langsung saja berikut ini adalah pembahasan singkatnya.

5 Alasan Anda Harus Memasarkan Iklan Rumah Secara Online

1. Jangkauan Luas

Jika iklan rumah yang dilakukan secara konvensional yaitu dengan memajang papan iklan "rumah ini dijual", hanya akan menjangkau orang-orang yang lewat di depan rumah saja. Maka lain halnya dengan memasarkan iklan rumah secara online.

Beriklan di internet berarti bisa menjangkau seluruh dunia dan orang-orang yang mengakses internet. Dengan demikian, dengan memasarkan iklan rumah secara online akan lebih efisien dan mendatangkan calon pembeli lebih cepat. 

2. Menghemat Anggaran

Memasarkan iklan rumah secara online dirasa lebih bisa menghemat anggaran dana. Mari kita bandingkan dengan cara memasarkan iklan secara konvensional yaitu seperti memasang iklan rumah di baliho, billboard, iklan tv, surat kabar cetak, radio, dll.

Bahkan ada banyak situs atau platform yang memungkinkan penggunanya memasang iklan rumah secara gratis. Bandingkan dengan biaya memasang iklan di billboard yang tarifnya tentu saja cukup mahal.

3. Menghemat Waktu

Memasarkan iklan rumah secara online akan menghemat waktu karena anda hanya tinggal melakukan pendaftaran akun ke situs jual beli atau pun melalui jasa iklan berbayar. Hanya tinggal melakukan beberapa setting iklan, maka iklan online anda akan tayang dan dilihat banyak orang. Hal ini berbeda dengan memasang iklan rumah secara konvensional. Di billboard misalnya, akan membutuhkan waktu lama karena harus mencetak desain terlebih dahulu.

4. Format Iklan Yang Beragam

Format dalam memasarkan iklan rumah secara online dapat dikatakan beragam dan tidak kaku seperti iklan konvensional. Format iklan rumah dapat anda pilih yaitu berupa teks, gambar, video, dan gabungan ketiganya. Platform iklan pun dapat anda pilih mulai dari situs iklan baris khusus jual beli properti. Hingga jasa pasang iklan berbayar seperti Facebook Ads dan Google Ads.

5. Jangkauan yang Terukur

Dengan memasarkan iklan rumah secara online. Anda dapat melakukan pengaturan bagaimana detail iklan ditampilkan dan kepada kalangan apa saja iklan tersebut akan tampil. Hal ini tentunya dapat mempermudah Anda untuk melakukan analisis. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apakah iklan anda telah menjangkau audiens dengan akurat dan efekti.

5 Kiat Memasarkan Iklan Rumah Secara Secara Online yang Efektif

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Untuk bisa memasarkan iklan rumah secara online, maka diperlukan beberapa hal. Berikut ini adalah tips singkatnya:

1. Sebutkan Nilai Lebih Rumah Yang Anda Jual

Perlihatkanlah informasi dengan rinci mengenai kelebihan dari rumah yang anda jual. Musalkan akses jalan yang mudah, dekat dengan pasar swalayan, dekat dengan berbagai lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat dengan stasiun. Ataupun lingkungan yang jauh dari daerah rawan banjir, lingkungan yang nyaman dan asri, dan lain sebagainya.

Akan tetapi yang perlu diingat adalah anda harus menghindari melakukan promosi yang tidak sesuai dengan kenyataan atau terlalu melebih-lebihkan sehingga membuat konsumen kecewa karena rumah ternyata tidak sesuai dengan yang ada di deskripsi.

Kenapa? Karena iklan yang tidak sesuai fakta bisa berujung pada pelanggaran Pasal 9 ayat (1) dan bisa dikenakan pasal 62 Undang-undang tentang Perlindungan Konsumen dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda Rp2 miliar. Repot dan menyeramkan juga bukan?

2. Judul Yang Menarik

Judul adalah adalah segalanya ketika anda memasarkan iklan rumah secara online, maka dari itu buatlah judul yang menarik perhatian, tapi juga jangan terlalu lebay karena hanya akan dibenci oleh orang yang membacanya.

Contoh: “Rumah Mewah 8 Lantai di Cileungsi View”. Judul iklan tersebut akan menarik perhatian calon pembeli yang sedang mencari rumah mewah dengan 8 lantai di lokasi yang sudah tertera di judul. Jadi calon pembeli sudah mengetahui info lokasi sebelum membaca deskripsinya.

3. Gambar Yang Menarik

Foto atau gambar tentu saja merupakan hal yang mutlak jika anda memasarkan iklan rumah secara online. Tanpa foto yang menarik ya sama saja bohong. Karena calon pembeli pasti ingin melihat gambar rumah yang jelas dan juga lengkap.

Maka dari itu lengkapi dengan foto yang menarik dengan resolusi yang tinggi dan tidak terlalu gelap. Dengan foto yang kurang jelas, calon pembeli akan lari karena malas melihatnya. Selain itu foto-foto yang harus disematkan dalam iklan haruslah lengkap dan semakin banyak semakin baik.

Lengkapi iklan andadengan foto rumah yang  anda jual, mulai dari foto bagian depan rumah hingga foto bagian rumah lainnya seperti kamar mandi dan bahkan gudang rumah sekalipun. Ambil gambar dengan menggunakan ponsel  dengan kamera yang jelas atau jika diperlukan gunakanlah kamera dengan kualitas yang baik. Ini akan menjadi nilai tambah iklan anda.

5. Cantumkan Nomor Kontak

Tips kelima adalah mencantumkan nomor kontak yang bisa calon pembeli akses agar dapat menghubungi anda. Cantumkanlah nomor kontak yang anda sering gunakan. Jika perlu anda bisa mencantumkan nomor kontak lebih dari satu dan nomor kontak lainnya bisa anda isi dengan nomor rekan atau keluarga anda. Ini untuk jaga-jaga jika nomor anda sedang tidak aktif. Selain itu, usahakan nomor kontak anda terhubung dengan Whatsapp.

Penutup

Itulah pembahasan singkat mengenai kiat memasarkan iklan rumah secara online yang efektif. Sementara untuk platform tempat mengiklankan rumah anda sebenarnya anda cukup banyak. Biasanya ada situs iklan baris yang mengkhusukan jual beli properti dan menjangkau seluruh Indonesia. Di platform iklan baris, anda juga biss menjangkau calon pembeli berdasarkan lokasi. Contohnya jika rumah yang anda jual berada di Bandung, maka para calon pembeli juga bisa berasal dari Bandung yang menginginkan rumah di lokasi yang masih satu kota.

Semoga informasi singkat di atas dapat bermanfaat bagi anda yang sedang atau ingin menjual properti. Terima kasih.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->